Tuesday 5 April 2016

Hari Gini Masih Bau Mulut!!

Ada beberapa kendala yang mungkin Anda temui saat Anda berbicara dengan lawan bicara Anda. Entah background pendidikan yang berbeda, sehingga sulit menyamakan pola perbincangan. Atau latar belakang pergaulan yang kadang menghambat dan sulit mencari bahan perbincangan yang seru untuk didiskusikan.
Lalu bagaimana bila lawan bicara Anda secara pendidikan sama dan memiliki pergaulan yang hampir sama dengan Anda, namun lawan bicara Anda bau mulut. Sudah jelas hal ini sangat menganggu dan dapat dipastikan Anda ingin segera pindah dan pergi dari tempat itu secepatnya.
Bau mulut sendiri atau yang lebih dikenal dalam bahasa kedokteran halitosis diakibatkan oleh berbagai sebab tertentu, antara lain makanan yang tidak sehat, gaya hidup yang tidak teratur dan kebersihan mulut yang buruk. Bau mulut sendiri memiliki 2 sifat yaitu sementara dan terus-menerus, bau mulut sementara dapat diobati dengan menggosok gigi yang teratur serta diimbangi dengan berkumur dengan antiseptik.
Hal berbahaya bila Anda terjangkit bau mulut yang terus-menerus. Banyak hal yang menyebabkan bau mulut terus-menerus, antara lain gaya hidup yang kurang sehat, beberapa penyakit dalam dan banyak hal lain yang perlu melakukan diagnosis yang menyebabkan bau mulut terus-menerus ini terjadi.
Penyebab utama bau mulut adalah apa makanan yang Anda makan. Mengkonsumsi makanan seperti makanan yang mengandung minyak astiri, bawang merah dan bawang putih yang berlebihan dapat menjadi penyebab bau mulut. Minyak yang tajam ini mampu terserap ke dalam aliran darah selama proses penyerapan. Setelah itu di paru-paru, bau yang menyengat dilepaskan ke udara yang biasanya dihebuskan melalui hidung.
Mengkonsumsi bawang putih dan bawang merah yang berlebihan juga dapat menjadi penyebab bau mulut yang tidak sedap. Akibat bau mulut dari mengkonsumsi bawang merah dan bawang putih secara berlebihan dapat bertahan selama 72 jam.
Beberapa cara ampuh dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bau mulut yang mengganggu ini, diantaranya;
  • Menjaga kebersihan mulut Anda
  • Berhenti merokok dan kebiasaan minum beralkohol
  • Jaga kesehatan dengan mengatur pola makan dan selektif memilih bahan makanan
  • Periksa secara rutin kondisi gigi Anda ke dokter

Jangan lupa untuk menggosok lidah Anda dengan sikat gigi, karena banyak sisa-sisa makanan, sel-sel mati dan bakteri yang akan terus-menerus terbentuk. Namun jika bau mulut masih terus Anda alami, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter gigi. Hari gini masih bau mulut? Malu dong! (Abn)

No comments: