Tuesday 5 April 2016

Crowdsourcing

Banyak orang belum pernah mendengar tentang crowdsourcing, tetapi ini adalah cara lain untuk menghasilkan uang secara online. Crowdsourcing menurut definisi dari oxforddictionaries .com adalah untuk mendapatkan (informasi atau masukan ke dalam tugas tertentu atau proyek) dengan daftar jasa sejumlah orang, baik dibayar atau tidak dibayar, yang biasanya dilakukan melalui internet.

Hal ini tentu layak dipelajari lebih dalam jika Anda memiliki sedikit waktu luang pada malam hari. Sayangnya, bayaran yang diterima tidak sebagus tugas yang diberikan. Namun jika Anda memiliki beberapa keterampilan khusus (misalnya seni dan desain), Anda bisa mendapatkan uang sedikit lebih banyak.

Pro
Mudah untuk memulainya, Anda hanya perlu mendaftar ke situs crowdsourcing.
Tidak ada penjualan, hanya Anda dan komputer Anda.
Terbuka untuk siapa saja dengan latar belakang apapun.


Kontra
Penghasilan yang sangat kecil.
Memakan waktu yang cukup banyak.
Membutuhkan pengalaman yang banyak dalam bidang IT (Information Technology).

Berikut ini adalah beberapa situs crowdsourcing yang cukup dikenal di Indonesia: 

Freelancer Indonesia
Merupakan situs freelancer terbesar di Indonesia saat ini. Ribuan orang yang bekerja secara freelance mendaftar di situs ini untuk menunggu pekerjaan secara online yang menarik minat mereka sementara jutaan pengguna lainnya mendaftar untuk dapat menggunakan jasa para freelancer tersebut. Para freelancer tersebut akan berlomba menawarkan kepada Anda harga yang paling kompetitif untuk menyelesaikan pekerjaan itu dengan cakupan seluruh dunia. Pembayaran di lakukan melalui kartu kredit atau PayPal. Situs ini berasal dari Australia kemudian dibuat versi Indonesianya.

Projects
Mirip dengan situs sebelumnya, situs ini menawarkan pekerjaan secara freelance untuk berbagai bidang ilmu dimana Anda harus melakukan tender untuk suatu pekerjaan. Setelah memenangkan tender pekerjaan kemudian menyelesaikannya, nantinya Anda akan menerima pembayaran dalam rupiah melalui rekening bersama. Uniknya, selain bisa mendapatkan proyek pekerjaan atau menawarkan jasa, di situs ini para penggunanya juga dapat melakukan transaksi jual-beli produk digital seperti e-book, desain kaos, software, game, template situs, dan produk digital lainnya.

Sribu
Situs crowdsourcing ini merupakan situs dimana para designer baik interior maupun grafik bekerja secara freelance dan menawarkan ratusan karya-karya design terbaik mereka yang dapat dipilih dan direvisi oleh pelanggan. Para designer ini menerima pembayaran dalam dollar Amerika atas karya yang dipilih oleh pelanggan.

Kesimpulan
Sangat mudah untuk memulai mendapatkan uang melalui crowsourcing ini, dan cara ini sangat valid untuk mendapatkan penghasilan tambahan secara online. Tapi perlu Anda ketahui bahwa crowsourcing ini masih bukan cara yang terbaik untuk menghasilkan uang secara online. Ingin tahu tentang cara mendapatkan uang secara online lainnya? Simak besok untuk tip berikutnya.

Website : http://goo.gl/h7TRM1

No comments: